SISTEM PENDIDIKAN NORWEGIA
Sabtu, 18 Juni 2016
Edit
ISNAINI  UMI SHOLEHA/ S.P/A
Kebijakan  pendidikan Norwegia berakar pada prinsip kesamaan hak terhadap pendidikan bagi  semua anggota masyarakat, tanpa memperhitungkan latar belakang sosial dan  budaya atau tempat tinggal. Peranan sekolah adalah menyampaikan pengetahuan dan  budaya, serta memajukan mobilitas sosial dan memberikan dasar penciptaan  kesejahteraan bagi semua pihak. Kegiatan mengajar di sekolah Norwegia  diadaptasikan dengan kemampuan dan keahlian masing-masing siswa. Pendidikan  khusus tersedia bagi penyandang catat tubuh atau mereka yang membutuhkan  perhatian khusus, yang jika tidak dipenuhi maka tidak mampu berpartisipasi  dalam kegiatan mengajar sekolah umum. Sebagai akibat dari meningkatnya  imigrasi, maka jumlah siswa yang memiliki bahasa minoritas juga bertambah.  Kebijakan pendidikan Norwegia mengatur perhatian bagi kebutuhan khusus akan  siswa dengan latar belakang bahasa minoritas, sehingga mereka dapat  menyelesaikan pendidikan tingkat menengah atas dengan baik dan melanjutkan ke  perguruan tinggi serta kemudian bekerja.
Storting  (majelis nasional Norwegia) dan Pemerintah bertanggung jawab menentukan tujuan  dan menetapkan kerangka kerja anggaran untuk sektor pendidikan. Menteri  Pendidikan dan Penelitian merupakan agen administratif yang bertanggung jawab  terhadap hal-hal pendidikan, dan 
menerapkan kebijakan pendidikan nasional. Pendidikan  wajib di Norwegia adalah 10 tahun, terdiri dari primary, lower secondary, dan upper  secondary. Pendidikan dasar dan Menengah semenjak berusia 6 tahun. Materi yang  diajarkan umumnya meliputi pengetahuan umum, budaya dan etika. Selanjutnya  dilanjutkan dengan pendidikan menengah atas yang ditempuh selama 3 tahun dengan  materi berimbang antara pengetahuan teoretis dan praktis.Pendidikan  umum di Norwegia tidak dikenakan biaya hingga dan termasuk tingkat upper  secondary. Biaya pendidikan tinggi di semua institusi Negara umumnya tidak  mahal. Bantuan Pinjaman Pendidikan Negara didirikan pada tahun 1947, dan  memberikan pinjaman pada siswa dan bantuan untuk biaya hidup bagi mereka yang  mengikuti program pendidikan tinggi. Bantuan juga diberikan pada siswa Norwegia  yang ingin melanjutkan sebagian kegiatan belajarnya di luar negeri. Sekolah  swasta memberikan sistem tambahan dari sistem sekolah umum. Direktorat  Pendidikan mengawasi sekolah menengah dan lanjutan sesuai kriteria yang telah  ditetapkan. 
Sistem  pendidikan di Norwegia terdiri dari: 
�          Pendidikan dasar dan menengah pertama  (wajib belajar), 6 tahun sampai 16 tahun, total 10 tahun 
�          Pendidikan menengah atas (pendidikan  umum dan pelatihan kejuruan), 16 tahun 19 tahun, total 3 tahun 
�          Pendidikan tinggi (universitas dan  perguruan tinggi)
       Berikut ini gambaran dari sistem pendidikan di Norwegia, langsung dari  pendidikan dasar dan menengah ke pendidikan tinggi.
1)      Pendidikan  primer dan sekunder (primary dan lower secondary)
             Pendidikan dasar dan menengah wajib di Norwegia membutuhkan waktu sepuluh tahun  untuk selesai, dan dibagi menjadi sekolah dasar (kelas 1-7, usia 6-13) dan  sekolah menengah pertama (kelas 8-10, usia 13-16). Siswa yang menyelesaikan  pendidikan dasar dan menengah pertama berhak mendapat pendidikan tiga tahun dan  pelatihan di tingkat menengah atas.
2)      Pendidikan  menengah atas (upper secondary)
             Dalam pendidikan menengah atas warga memiliki pilihan antara mengejar  pendidikan kejuruan dan pelatihan (yrkesfaglig oppl�ring) dan program untuk  studi umum (studieforberedende oppl�ring). 
�                        Pendidikan kejuruan dan pelatihan  mengarah ke kejuruan perdagangan atau profesi dan menganugerahkan kualifikasi  kejuruan (yrkeskompetanse). 
�                        Program untuk studi umum memberikan  kesempatan siswa untuk masuk kualifikasi pendidikan tinggi dan dengan demikian  kesempatan untuk melanjutkan belajar di sebuah perguruan tinggi universitas  atau universitas. 
Seseorang  dapat masuk kualifikasi pendidikan tinggi setelah setidaknya 13 tahun  pendidikan sekolah dasar, menengah dan atas di Norwegia.
3)      Folk  high school
             Folk high school sangat terkenal di Norwegia, terutama sebagai tahun transisi  bagi mereka yang ingin libur antara masa pendidikan sekolah menengah pertama  dan menengah atas, atau bagi mereka yang ingin beristirahat sejenak untuk  mempertimbangkan pendidikan selanjutnya dan kesempatan kerja.
Rata-rata  folk high school dimiliki dan dijalankan oleh organisasi swasta dan yayasan,  namun 10 diantaranya dimiliki oleh otoritas daerah dan kotapraja. Siswa tidak  membayar biaya sekolah, namun diharuskan untuk membiayai kehidupan mereka  sendiri dan membayar untuk kegiatan darmawisata, kegiatan siswa dan materi  studi. Pinjaman siswa dan beasiswa diberikan melalui Dana Pinjaman Pendidikan  Negara Norwegia.
4)      Pendidikan  kejuruan
             Sekolah pendidikan kejuruan dan pelatihan (fagskoleutdanning) adalah kursus  singkat di tingkat tersier yang menyediakan alternatif kejuruan untuk  pendidikan tinggi. Semacam ini tentu saja dapat memberikan kualifikasi untuk  bekerja di pekerjaan yang berbeda, dari administrasi untuk pengobatan  alternatif, mata pelajaran teknis dan administrasi kesehatan, dan sebagainya.
5)      Universitas  dan perguruan tinggi
             Sektor pendidikan tinggi terdiri dari program pendidikan di universitas dan  akademi. Ada total tujuh universitas, sembilan lembaga universitas khusus dan  36 perguruan tinggi universitas yang terakreditasi di Norwegia. 
Lembaga  yang menawarkan pendidikan tinggi dapat dibagi menjadi dua sektor: 
�          Sektor universitas meliputi enam  universitas 
�          Sektor universitas perguruan tinggi  mencakup 26 regional tersebar perguruan tinggi negeri - salah satunya adalah  Vestfold University College. 
             Universitas dan perguruan tinggi sebagian besar adalah milik negara dan  dijalankan oleh negara. Biaya mengikuti program ini umumnya tergantung pada  penyelesaian tiga tahun pendidikan upper secondary. Sebagai peraturan, biaya  pendidikan dibebaskan untuk program pendidikan profesional tertentu, program  pendidikan khusus dan di beberapa institusi swasta.
Daftar Pustaka
website
http://rgultom.multiply.com/journal/item/1?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem  http://www.norwegia.or.id/About_Norway/policy/Kesejahteraan/mariannetest/  http://jadiberita.com/blog/2011/07/04/fakta-fakta-unik-dari-norwegia/  http://id.wikipedia.org/wiki/Norwegia
Buku 
Boyesen, Hjalmar H. 1886. STORY OF  NORWAY. New York : knickerbocker   Press
Coffman, Linda, Lindsay Benett,  Ralph Grizzle. 2008. European Ports Of Call. New York : Random House, Inc.
Library Of Congress Cataloging in  Publication Data. 1976. Encyclopedia International. New York : Lexicon  Publication